Keyboard

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf ,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer, keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·         Tombol Pengetikan
·         Tombol Angka
·         Tombol Fungsi
·         Tombol Kontrol
Cara kerja Keyboard sangatlah mudah yaitu dengan menekan sebuah key(tombol),controllerpada keyboard mendeteksi,mengirim permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima input dari keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat hasil tombol yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup yang kita tekan akan muncul di layar komputer.
Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
·         Keyboard 101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM PC / AT Model 339 termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah Ditingkatkan baru 101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu itu keyboard 101-key akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade berikutnya dan seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah dengan tombol tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.
·         Keyboard Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol control tambahan berupa tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard apple memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra.
·         Keyboard Standard Apple 82- key
·         Keyboard Extended Apple 108- key
Selain jenis-jenis keyboard yang diatas,masih ada yang lainnya diantaranya adalah:
·         Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).
·         Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY.
·         Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
·         Keyboard Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat   mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.


·         Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
·         Keyboard Alphabetik
·         Keyboard Numeric
·         Keyboard WIRELESS
Secara fisik Keyboard terbagi menjadi 4, yaitu :
1.      Keyboard Serial
2.      Keyboard PS/2
3.      Keyboard Wireless
4.      Keyboard USB
Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch rangkaian listrik ada berbagai macam teknologi keyboard        antara lain adalah :
·         Rubber dome mechanical
·         Capacitive non-mechanical
·         Metal contact mechanical
·         Membrane mechanical
·         Foam element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik . Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta karakter di ROM.

0 komentar:

Posting Komentar